Thursday, October 29, 2015

Kegiatan Membagi Pengetahuan - Diskusi Jigsaw

Smansabara_XMIPA7_PAI&BP
Guru memiliki singkatan khusus dalam bahasa jawa, yaitu DIGUGU lan DITIRU. Dalam bahasa Indonesianya, berarti guru itu dengar dan ditiru adab-adabnya. Guru harus memiliki akhlak dan pengetahuan yang mumpuni. Karena Guru memiliki tugas besar untuk mendidik dan memberikan pengetahuan dengan akhlak kepada muridnya, agar nantinya sang murid mampu membangun khasanah keilmuan yang bermanfaat.
-
Ada satu kalimat yang sampai saat ini masih terngiang-ngiang, dan ini salah satu alasan kenapa menurut saya menuntut ilmu itu sangat, sangat penting sekali. 
"Jika ingin bahagia di dunia, maka kuasailah ilmunya Jika ingin bahagia di akhirat, maka kuasailah ilmunya Jika ingin mendapatkan keduanya, maka kuasailah ilmunya." 

 Kalimat tersebut saya pertama kali baca di pembatas Al-Quran punya kakak saya. Betul 100% bahwa ilmu itu sangat penting. Tanpa ilmu, manusia bak orang gila yang melakukan apapun tanpa rasa malu, tanpa rasa bersalah. Dan ilmu itu salah satu pembeda kita, dengan hewan/binatang. Sampai sekarangpun saya harus bisa terus dan terus menuntut ilmu bahkan dengan murid saya. 

Berawal menjadi seorang guru untuk Mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), saya sempat berfikir bahwa saya akan berhenti menuntut ilmu. Dan ketika saya sebelum menjadi guru juga berpikir saya merasa minder dan tidak percaya diri, bahwa kalau-kalau nanti saya tidak bekerja dengan baik.
-
Tapi itu salah!! Ternyata setelah saya menjadi guru, saya merasa menemukan sebagian kebahagiaan saya, dan desire for knowledge semakin menggebu-gebu! Karena dari murid saya sendiri saya semakin ingin belajar tentang ilmu yang belum saya kuasai. Terima kasih muridku. 
-
Oleh karena itu, saya semakin bersemangat dan semakin harus upgrade diri untuk menjadi guru yang baik dan guru yang benar-benar guru. 
Disini saya ingin share tips-tips dalam mengajar dengan baik.
-
Menjadi seorang guru tentunya harus punya metode pembelajaran yang bervariasi agar murid kita bisa lebih terus konsentrasi akan KBM yang tengah kita lakukan dan lebih excited untuk belajar lebih. 
Berikut sedikit informasi tentang Bagaimana menggunakan teknik Diskusi Jigsaw (salah satu trik agar murid lebih aktif). Metode ini dulu pernah disampaikan oleh Dosen saya di PAI FAI UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dulu. Beliau adalah Drs. Muhsin Hariyanto, salah satu dosen favorit saya :)
-
Untuk berbagi ilmu, sekiranya silakan download materi tentang diskusi jigsaw yang pernah beliau sampaikan (mohon ijin share ya ustad)
1. Klik Gambar berikut untuk mendownload

Klik Download For Free












2. Anda akan masuk ke adfly - Tunggu 5 detik - kemudian Klik "SKIP AD" untuk mendownload file
3. Done! :)
  ---Selamat mendownload----

0 komentar:

Post a Comment

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D