Wednesday, July 22, 2020

Allah, the One and only

Di dunia ini, adanya manusia, alam semesta, hewan dan kehidupan yang lain merupakan bukti bahwa Pencipta itu ada. Manusia dan seisi bumi tentu tidak dapat menciptakan dirinya sendiri. Bahkan mengatur sistem dalam tubuhnya sendiri pun tak bisa. 

Apalagi kalau kita perhatikan alam raya ini sangatlah luas, sangat teratur, dan tidak ada satu makhluk pun yang bisa menciptakan menyerupai alam raya ini. Tentunya hanya Sang Penciptalah Maha Sempurna yang mampu menciptakan ini semua. Sang Pencipta tiada lain adalah Allah SWT. Hal itu bisa kita rasakan melalui akal kita. 

Hal-hal berikut ini adalah materi untuk kita mengenal lebih dekat dengan Pencipta kita. Dan kita bisa lebih mengimaninya. 



A. Sifat-sifat Allah SWT

Allah SWT adalah Maha Pencipta yang menciptakan seluruh alam raya ini beserta isinya. Sebagai Pencipta, Allah SWT juga sebagai Pengatur seluruh alam ini. 

Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia tidak pernah lelah dan selalu mengawasi pergerakan seluruh jagat raya ini. 

Allah SWT memiliki 3 sifat yang harus kita ketahui:

1. Sifat Wajib
2. Sifat Mustahil
3. Sifat Jaiz

Berikut penjabarannya:

1. Sifat Wajib, Sifat wajib adalah sifat yang harus dimiliki oleh Allah SWT sebagai sifat kesempurnaan-Nya, karena Dia adalah segala-galanya. 

Hal ini tercermin dalam sifat wajib yang terdiri dari 13 dan ditambah dengan sifat maknawiyah yang terdiri dari 7 buah. Jika dijumlahkan maka ada 20 sifat wajib. 

Sifat-sifat wajib tersebut adalah :



Kemudian ada sifat maknawiyah yang terdiri dari :



Baca juga artikel ini: Ma… Aku Ingin Masuk Syurga

2. Sifat Mustahil, adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Allah SWT.

Berikut ini merupakan sifat-sifat mustahil Allah SWT:


Kalau kita lihat sifat mustahil Allah di atas bisa kita simpulkan; mana mungkin patung, pohon, gunung, dan lain sebagainya yang eksistensinya bisa hilang, mati, lenyap, tidak bisa apa-apa bisa dikatakan tuhan?? 
Masihkah ada yang menyembahnya sampai sekarang??
Kalau masih, berarti belum mengenal Allah yang sedalam-dalamnya.


3. Sifat Jaiz, adalah sifat wenang (bebas). Artinya Allah SWT bebas berbuat sesuai dengan kuasa dan kehendak-Nya. 


B. Sifat Allah dalam Asmaul Husna

Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang juga memiliki nama-nama baik yang terdiri dari 99 asmaul husna. Kita bisa membukanya dan terdapat dalam Al Qur'anul Kariim. 

Hal tersebut pun terdapat dalam Firman Allah :


Artinya:

Allah mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang agung sesuai dengan sifat-sifat Allah), maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. 
(Q.S. Al A'raf ayat 180)

Di dalam ayat tersebut Allah SWT pun memerintahkan hamba-Nya ketika berdo'a untuk menyertai Asmaul Husna agar doanya pun mudah diijabah oleh-Nya.  💓💓💓


Berikut ini 99 nama Allah dalam Asmaul Husna:



C. Hikmah kita Beriman kepada Allah SWT

Beriman kepada Allah SWT mengandung  banyak hikmah, antara lain:

👇👇👇

1. Akan mengingatkan kita untuk bersikap tawaddu'  atau rendah hati dan tidak sombong. 
Kita akan menyadari bahwa sebagai mahluk yang lemah, tidak ada artinya di hadapan Allah SWT. 

2. Akan melatih kita untuk Istiqamah  dalam kebenaran. Berani mengatakan benar jika memang benar dan berani mengatakan salah jika itu salah

3. Akan memupuk sifat Qanaah atau menerima dengan ikhlas semua pemberian Allah SWT setelah berdoa dan berusaha.

4. Tidak cepat putus asa dalam menghadapi persoalan. Kita akan sadar bahwa putus asa adalah sifat orang kafir. 

5. Kita akan mampu menerima kritik atau saran yang konstruktif / membangun.

6. Bersyukur atas nikmat pemberian dari Allah SWT dan bersabar apabila kita mendapatkan cobaan. 


Sekian, 
semangat mencari ilmu agama untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.


Kunjungi juga blog saya yang lain :





70 comments:

  1. Assalamu'alaikum bu may, ini saya Kuni Qurrota A'yun dari kelas x Mipa 7 bu, saya mau bertanya contoh-contoh sifat jaiz allah itu seperti apa ya bu? Terima kasih bu😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr wb

      sifat jaiz itu kan sifat yang bebas Allah lakukan

      contohnya:

      hari ini hujan atau tidak, itu terserah Allah

      Allah boleh saja mau merubah seorang miskin jadi kaya
      mengubah orang bodoh jadi pintar
      menurunkan malaikat atau tidak

      itu semua terserah Allah

      gitu

      Delete
  2. Setelah membaca artikel ini,saya termotivasi untuk lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT ,karena Allah SWT yang menciptakan alam semesta ini.Terimakasih artikelnya Bu may sangat bermanfaat.Semoga makin banyak membuat artikel artikel lagi.
    (Akmalia Rahma Rosida, XMIPA7)

    ReplyDelete
  3. Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Bu saya mau bertanya sifat maknawiyah itu apa bu?
    Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Alzena Shafa Talitha
    No. Absen : 05

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr wb

      sifat ma'nawiyah adalah sifat yang selalu tetap ada pada dzat Allah dan tidak mungkin pada suatu ketika Allah tidak bersifat demikian,,,

      Delete
  4. Asslamu'alikum wr.wb bu

    Saya mau bertanya apakah yang dimaksud dengan sifat maknawiyah dan apakah sama atau beda dengan sifat wajib?

    Nama: Khoirunisa Hardaningtyas
    Kelas: X MIPA 7
    No. Absen:18

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr wb

      sifat ma'nawiyah adalah sifat yang selalu tetap ada pada dzat Allah dan tidak mungkin pada suatu ketika Allah tidak bersifat demikian,,,

      beda dikit sama sifat wajib

      Delete
  5. tanggapan saya yaitu berarti semua yang ada di dunia ini dari alam semesta, manusia, hewan, tumbuhan, dll. itu semua hanya Allah yang bisa menciptakannya. dan Allah SWT mempunyai 3 sifat yaitu wajib (sifat kesempurnaan Nya), mustahil ( yang tidak mungkin dimiliki), jaiz (sifat bebas).
    dan Allah itu mempunyai Asmaul Husna yang isinya
    nama-nama agung.
    dan jika kita beriman kepada Allah akan bersikap tawadhu, melatih istiqomah, bersifat qanaah, tidak cepat putus asa, dan akan mampu menerima kritikan. dan saya bisa mengerti apa saja sifat sifat yang dimiliki oleh Allah.
    terimakasih.
    Nama: Fasha Aqila L' Rahma
    Kelas: X MIPA 7

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum bu, mau bertanya. Apa maksudnya sifat maknawiyah yang ada pada sifat sifat wajib Allah?Mengapa dibedakan antara sifat yang tanpa "Maha" dan sifat yang ada "Maha" nya? Terimakasih (Kintan Wahyu - X MIPA 7)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr wb

      wa'alaikumsalam wr wb

      sifat ma'nawiyah adalah sifat yang selalu tetap ada pada dzat Allah dan tidak mungkin pada suatu ketika Allah tidak bersifat demikian,,,

      Delete
  9. Nama : Hasna Aura Suci Ramadhani
    Kelas : X MIPA 7/15
    Setelah saya membaca dan memahami materi tersebut, saya menjadi lebih paham akan adanya sifat-sifat Allah. Materi tersebut sangat berguna bagi saya. Semoga dengan adanya materi tersebut saya senantiasa menjadi umat Allah yang lebih baik dan lebih taat kepadanya.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum wr.wb Ibu Mei
    Permisi izin saya Feliyana izin memberi tanggapan🙏
    Materi hari ini menurut saya sangat menarik dan menyenangkan karena saya mendapatkan banyak pelajaran dan banyak sekali manfaat. Seperti saya menjadi memahami materi-materi tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT.Saya menjadi lebih bersemangat dalam belajar.
    Saya menjadi lebih mengoreksi diri agar selalu taat dan berima kepada Allah SWT.
    (NAMA : FELIYANA, KELAS : X MIPA 7, NO.ABSEN : 12)

    ReplyDelete
  11. masyaallah bisa menambah wawasan
    Widya Maharani Fauzia(XA7-35)

    ReplyDelete
  12. [Nada Najwa Belvana_X MIPA 7_25]

    Setelah saya membaca ini, saya menjadi lebih paham akan sifat yang dimiliki Allah dan lebih sadar bahwa tanpa Allah kita tidak ada apa-apanya. Saya menjadi lebih ikhlas menjalani semua urusan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  13. Allah SWT memiliki 99 nama Allah dalam Asmaul Husna dan 3 sifat yang wajib kita ketahui. Asmaul Husna memiliki banyak hikmah bagi siapapun yang mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari. kita perlu mengamalkannya dengan cara menghafalkan Asmaul Husna dan selalu membacanya setiap hari. Kita juga wajib melaksanakan shalat wajib dan diusahakan juga melaksanakan ibadah sunnah agar diri kita lebih dekat dengan Allah SWT dan insyaalah dimudahkan segala urusannya.
    Nama: Hikari Jeaneta Ayudityas Putri
    Kelas: X MIPA 7
    Absen: 16

    ReplyDelete
  14. Setelah saya membaca artikel diatas,Pengetahuan saya tentang Agama Islam semakin bertambah dan dapat meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan terhadap ALLAH SWT (Nama : Afrizal Hendra Pratama , Absen 01, Kelas X MIPA 7)

    ReplyDelete
  15. Materi yang ibu sampaikan dalam blog ini sangat mudah dipahami sehingga memudahkan dalam belajar. Semangat terus menulisnya bu may... :)

    ReplyDelete
  16. tanggapan saya yaitu berarti semua yang ada di dunia ini dari alam semesta, manusia, hewan, tumbuhan, dll. itu semua hanya Allah yang bisa menciptakannya. dan Allah SWT mempunyai 3 sifat yaitu wajib (sifat kesempurnaan Nya), mustahil ( yang tidak mungkin dimiliki), jaiz (sifat bebas).
    dan Allah itu mempunyai Asmaul Husna yang isinya
    nama-nama agung.
    dan jika kita beriman kepada Allah akan bersikap tawadhu, melatih istiqomah, bersifat qanaah, tidak cepat putus asa, dan akan mampu menerima kritikan. dan membuat saya lebih tau dan lebih dekat dengan Allah
    Nama: Fasha Aqila L' Rahma
    Kelas: X MIPA 7

    ReplyDelete
  17. Nama : Savira Adinia Cahyanthi
    Kelas : X MIPA 6
    Absen : 29
    Sangat menarik untuk dibaca apalagi artikel atau materinya mudah dipahami,singkat dan tidak berbelit belit. Sangat mudah dipahami bu dan membantu kita yang sedang belajar online tambah paham bu

    ReplyDelete
  18. Tanggapan saya kita harus betul betul paham 3 sifat yang di miliki oleh allah. Dari situ kita tau bahwa tiada tuhan selain allah. dan hikmah nya kita bisa menjadi orang yang rendah hati, istoqimah dan pandai bersyukur.

    Nama : afid galih saputro
    Kelas: X MIPA 6
    Absen: 02

    ReplyDelete
  19. Tanggapan saya kita harus betul betul paham 3 sifat yang di miliki oleh allah. Dari situ kita tau bahwa tiada tuhan selain allah. dan hikmah nya kita bisa menjadi orang yang rendah hati, istoqimah dan pandai bersyukur.

    Nama : afid galih saputro
    Kelas: X MIPA 6
    Absen: 02

    ReplyDelete
  20. Nama : Ramadhika ilham amanullah
    Kelas : X MIPA 6 (27)
    Tanggapan : tanggapan saya dengan adanya materi ini kita mendapatkan banyak hikmah yang dapat diambil

    ReplyDelete
  21. Bagus bu..,karena saat saya membaca ini jadi menambah ilmu tentang agama dan menambah wawasan lagi bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sebelumnya,
      oh ya, ini akunnya namanya siapa?
      beri identitas lengkap

      Delete
  22. Alhamdulillah jadi lebih tau sifat sifat allah. Dan semoga dengan ini bisa lebih meningkatkan iman karna ternyata banyak hikmah dari beriman kepada allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sebelumnya,
      oh ya, ini akunnya namanya siapa?
      beri identitas lengkap

      Delete
  23. Alhamdulillah jadi lebih tau sifat sifat Allah semoga dengan ini bisa lebih meningkatkan iman lagi karena ternyata banyak hikmah dari beriman kepada Allah

    Nama : Intan Nur Kusumastuti
    Kelas : X MIPA 6
    Absen :14

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah jadi lebih tau sifat sifat Allah semoga dengan ini bisa lebih meningkatkan iman lagi karena ternyata banyak hikmah dari beriman kepada Allah

    Nama : Intan Nur Kusumastuti
    Kelas : X MIPA 6
    Absen :14

    ReplyDelete
  25. Bahwa kita sebagai manusia harus percaya bahwa Allah SWT yang menciptakan seluruh alam raya ini beserta isinya.Sebagai pencipta, Allah SWT juga sebagai pengatur seluruh alam ini. Kita juga harus selalu beriman kepada Allah SWT karena memiliki banyak hikmah seperti akan melatih kita untuk Istiqamah dalam kebenaran. Berani mengatakan benar jika memang benar dan berani mengatakan salah jika itu salah.


    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sebelumnya,
      oh ya, ini akunnya namanya siapa?
      beri identitas lengkap

      Delete
  26. Alhamdulillah, terimakasih Bu May sudah mengingatkan saya untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Hikmahnya betul betul luar biasa, sampai sekarang saya masih belajar untuk selalu Tawaddu' Istiqomah, Qanaah, tidak cepat putus asa, mampu menerima kritik atau saran, juga selalu bersyukur dan bersabar. Apalagi saya itu orangnya mudah tersinggung, jadi untuk bersabar dan ikhlas itu bener bener harus dibiasakan. Saya juga kadang lupa untuk bersyukur. Kan juga ada yang berbicara, kita boleh berbohong untuk kebenaran. Tapi begini Bu, misalkan ada yang berbohong, walaupun maksudnya itu untuk mengetahui kebenaran, tapi saya berusaha ingin membenarkan kata katanya karena menurut saya ada kata kata yang bisa dikatakan lebih fakta dan tidak berbohong. Tapi ini mungkin salah saya, karena saya tidak langsung berbicara tetapi malah bertanya terlebih dahulu seperti 'ihh apa iya'. Maksud saya kan supaya saya bisa membenarkan dengan kata kata yang lebih fakta tanpa harus berbohong. Tetapi sebelum saya melanjutkan berbicara, kadang orang lain sudah berbicara yang langsung 'sa, kadang kita harus berbohong untuk kebenaran' dan yang berbicara orang yang lebih tua dari saya, otomatis saya diam dan tidak jadi berbicara. Padahal niat saya ingin membenarkan. Kira kira seperti itu Bu.
    Bismillahirrahmaanirrahiim saya bisa menjadi yang lebih baik, sabar, ikhlas, dan selalu bersyukur. Insyaa Allah aamiin.

    Nama : Maritza Khansa Aprilianti
    Kelas : X MIPA 6

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dalam Islam sudah di ajarkan tentang mencari kebenaran dengan kroscek terhadap apa yg disampaikan orang lain, agar terhindar dari fitna dan keburukan

      untuk adab terhadap orang tua

      memang, mau itu anak kecil, orang yang lebih tua, namun kalau menyimpang atau tidak sesuai dengan kebenaran, kita wajib meluruskan,
      namun dengan cara yang baik, cara yang santun, agar orang tersebut tidak tersinggung

      dilemanya sama orang tua kita sendiri,
      seandainya kalau kita bicara membenarkan malah menyinggung orang tua, lebih baik kita diam dulu saja

      tunggu waktu yang tepat untuk membicarakannya..

      Delete
  27. kita seharusnya bersyukur atas pemberian Allah,jika kita tidak bersyukur kita tidak akan merasa bahwa yang diberikannya sangatlah banyak tidak terhitung oleh jari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jasmine Salsabila
      Kelas : X MIPA 4
      absen : 14
      Menurut saya Bu May artikel ini sangat membantu kita lebih memahami materi karena inti materi disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami tentang sifat-sifat Allah,sifat Allah dalam asmaul husna,dan hikmahnya.
      Terimakasih.

      Delete
  28. Wah, sangat membantu sekali bu dan menambah ilmu saya. Berarti untuk do'a lebih diijabah kita harus mengucapkan asmaul husna dulu ya bu sebelum do'a. Bu saya mau tanya selain untuk penghantar do'a asmaul husna bisa digunakan untuk amalan apa lagi bu?
    Nisrina Syarifah (29)
    X MIPA 5

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum, Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat, karena bisa menambah pengetahuan tentang sifat-sifat Allah, nama-nama Asmaul Husna, dan hikmah beriman kepada Allah SWT, setelah membaca artikel ini saya jadi tambah beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, karena Allah lah yang telah menciptakan semua di muka bumi ini. Dan juga untuk Ibu Mey semakin semangat membuat artikel-artikel lainnya yang bermanfaat. Waalaikumsallam. Mahardika Fikri Halim, X MIPA 5

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum, Bu May..
    Bagaimana kabarnya, Bu May?.. Semoga sehat selalu, Aaamiin..
    Dan semoga kita semua bisa cepat bertemu dengan, Bu May...
    Saya ingin bertanya, Bu Mayy
    Dengan mempelajari, mengamalkan makna Asmaul Husna, kita dapat lebih dekat dengan Allah SWT. Maka dari itu, apa yang menandakan bahwa kita itu lebih dekat dengan Allah SWT?..
    Dan ada satu pertanyaan lagi, Bu May..
    Apakah ada keutamaan membaca Asmaul Husna sebelum memulai membaca Al-Qur'an?..
    Saya juga ada beberapa saran, Bu May.. hehe..
    Setiap akan memulai pembelajaran/memulai kegiatan, ada baiknya kita semua disamping berdoa dan mambaca basmalah, juga terlebih dahulu membaca Asmaul Husna?tidak lain adalah untuk meingkatkan ketenangan hati dan semangat dalam memulai kegiatan dan akan dimudahkan dalam segala urusan.... Itu sedikit saran dari saya, Bu May.
    Alhamdulillah sekali, Bu May..Karya, Bu May di blog ini membuat saya sangat paham dengan apa itu Asmaul Husna beserta Hikmahnya. Dulunya saya sangat tidak tau menau apa itu Qanaah, tapi sekarang saya jadi sangat paham tentang Qanaah.
    Bu May, teruslah berkarya dan raihlah prestasi sebanyak mungkin, teruslah menulis, membuat semua insan mempunyai semangat dan gairah untuk terus belajar dan berkarya seperti, Bu May..
    Semangat, Bu May..
    Terimakasih..
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    -Zhafira Sany L.H. X MIPA 4-

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaikum, Bu May..
    Selamat Pagi, Bagaimana Kabarnya, Bu May? Semoga sehat selalu dan semoga kita semua dapat cepat bertemu dengan, Bu May🥰.
    Masyaallah, Bu May.. Sungguh tulisan yang membuat saya sangat paham tentang Beriman Kepada Allah melalu Asmaul Husna..
    Alhamdulillah Ela jadi paham tentang Hikmahnya yang salah satunya adalah dapat menjadikan kita Qanaah...
    Bu May, saya ingin bertanya, dengan beriman kepada Allah melalui Asmaul Husna, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT, Nah, apa yang menandakan bahwa kita lebih dekat dengan-Nya?
    Ada lagi, Bu May, hehehe.. Apakah ada keutamaan membaca Asmaul Husna sebelum membaca Al-Quran?
    Bu May.. Saya ada sedikit saran hehe, apakah bisa ketika akan memulai pembelajaran/kegiatan, lebih baiknya disamping kita berdoa dan membaca basmalah, kita juga membaca Asmaul Husna? Terimakasih, hehe...
    Oiya, Bu..
    Teruslah semangat dan berkarya, Bu May. Insyaallah karya, Bu May dapat selalu memotivasi kami semua dan membuat kami semangat belajar dan berkarya.
    Teruslah menjaadi insan yang kami selalu contoh, Bu May..
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    -Zhafira Sany Lailla H. X MIPA 4-

    ReplyDelete
  32. Nama: Ariesta Wulan Fradella
    Kelas:X MIPA 5/04


    Setelah membaca materi tersebut saya menjadi paham tentang sifat sifat Allah,dan saya menjadi sadar kalau tidak ada Allah maka tidak da bumi dan seisinya

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum bu, setelah membaca materi ini, saya menjadi lebih paham mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah. Dan saya diingatkan kembali untuk lebih dan lebih lagi dalam beribadah dan bertaqwa kepada Allah.
    Nama : Amara Bahisa Al-Lust
    Absen : 1
    Kelas : X MIPA 4

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya Arista Dwi Listyorini, No 05, dari X MIPA 5.

    Setelah saya membaca artikel yang ibu buat, saya mendapat banyak pengetahuan baru yang tentunya bermanfaat sehingga saya jadi termotivasi untuk belajar lebih lanjut untuk mempelajari materi ini, saya juga semakin paham dengan materi 'aku selalu dekat dengan Allah'. Dengan adanya artikel ini saya benar-benar dapat mempelajari materi ini dengan mudah.

    Terimakasih Bu Mei,
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum Bu,setelah saya membaca artikel ini saya menjadi lebih semangat dalam mendalami sifat dan asma Allah SWT. Artikel ibu sangat bagus, dan dapat membangunkan semangat untuk terus beriman kepada Allah SWT. trimakasih Bu atas artikelnya.

    Nama: Ika Nursetyaningsih
    Kelas: x MIPA 5

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum Bu Mey, terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat, mudah dipahami dan memotivasi saya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah dan untuk selalu berbuat kebaikan. Semangat terus menulisnya bu))

    Nama: Nabila Berliana Putri
    Kelas: X MIPA 4

    ReplyDelete
  37. Bismillah..
    Saya ingin bertanya (mohon maaf apabila melenceng), Allah SWT sudah jelas-jelas menunjukan bahwa ialah yang menciptakan alam semesta ini, mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini. Namun, mengapa diluar sana masih banyak orang yang tidak mau menyembah-Nya/beribadah kepada-Nya padahal bukti dari kebesaran Allah SWT sudah jelas adanya dikisahkan dari manusia-manusia terdahulu, dari para nabi dan rasul. Dan yang lebih parah lagi mereka semua tahu kalau Allah yang menciptakan alam semesta ini. Mengapa hal tersebut terjadi??

    Nama : Sheva Julianda Adriano Fiore
    Kelas : X MIPA-4/28

    TERIMAKASIH.

    ReplyDelete
  38. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat, sehingga saya bisa lebih memahami sifat sifat Allah SWT dan mengingatkan saya untuk bersyukur atas nikmat yang di berikan, bersabar jika menghadap cobaan dan selalu istiqomah terhadap kebenaran.

    Febiana Istiqa N
    No/kelas = 08/X MIPA 4

    ReplyDelete
  39. Asslamu'alaikum bu may, saya mau bertanya, bagaimana dengan sifat wajib dan sifat asmaul husna Allah? Apakah intinya sama atau berbeda? (Ramadhani Rizka Pangesty, X MIPA 4)

    ReplyDelete
  40. Materi yang ibu sampaikan dalam blog ini sangat mudah dipahami sehingga memudahkan saya dalam belajar. Alhamdulillah jadi lebih tau sifat sifat Allah semoga dengan ini bisa lebih meningkatkan iman
    Nama : Zahaa Zafana Hidayat
    Kelas : X MIPA-5

    ReplyDelete
  41. Setelah saya membaca ini saya menjadi lbh paham akan berbagai macam jenis sifat² Allah SWT


    Anugrah Meila Sandy
    X MIPA 5
    Absen 3

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum Bu
    Saya mau bertanya, maksud dari sifat maknawiyah itu bagaimana ya Bu? Dan apa bedanya dengan sifat maknawiyah dengan sifat wajib?

    Nama : Amalia Pramudya
    Kelas: X MIPA 5
    Absen:02

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah setelah membaca artikel ini saya lebih mudah dalam memahami materi tentang sifat sifat yang dimiliki Allah SWT, serta banyak sekali manfaat dan pelajaran yang saya petik dari artikel ini, kita hendaknya selalu bersyukur atas nikmat pemberian dari Allah SWT dan bersabar apabila kita mendapatkan cobaan.
    Nama : Nabilah Safa Rufaidah
    Kelas : X MIPA 5
    Absen : 26

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaikum wr wb Bu may
    Subhanallah,setelah membaca materi tersebut saya menjadi tau banyak mengenai 3 sifat Allah SWT,mengenai nama nama Allah yang baik dalam Asmaul Husna ,dan banyak sekali hikmah yang kita dapat dari beriman kepada sifat Allah SWT. Semoga kita bisa terus berloma dalam kebaikan untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Aamiin


    Pertanyaanya: apakah mengahafalkan asmaul husna itu wajib? Apa hikmah yang kita dapat jika rajin membaca asmaul husna? Apakah hukum orang yang sampai sekarang masih tetap menyembah pohon atau patung padahal ia sudah tau tentang AllAh SWT?

    Sekian,mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.
    Waalaikumsalam wr wb

    Nama : Cahya Rahardini Qoniaturrohmah
    Kelas : X MIPA 5

    ReplyDelete
  45. Assalamu'alaikum wr wb Bu may
    Subhanallah,setelah membaca materi tersebut saya menjadi tau banyak mengenai 3 sifat Allah SWT,mengenai nama nama Allah yang baik dalam Asmaul Husna ,dan banyak sekali hikmah yang kita dapat dari beriman kepada sifat Allah SWT. Semoga kita bisa terus berloma dalam kebaikan untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Aamiin


    Pertanyaanya: apakah mengahafalkan asmaul husna itu wajib? Apa hikmah yang kita dapat jika rajin membaca asmaul husna? Apakah hukum orang yang sampai sekarang masih tetap menyembah pohon atau patung padahal ia sudah tau tentang AllAh SWT?

    Sekian,mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.
    Waalaikumsalam wr wb

    Nama : Cahya Rahardini Qoniaturrohmah
    Kelas : X MIPA 5

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum bu saya Nabila wulan Syahfitri kelas X MIPA 5
    Ternyata dengan mengenal berbagai macam sifat-sifat wajib,mustahil serta mustahil Allah manusia nantinnya akan merasa bahwa Allah adalah zat yang paling berkuasa dan esa. Dengan begitu kita senantiasa bersikap rendah diri, selalu istiqomah berdoa kepada Allah atau tawakal,serta akan menjauhi larangan-larangannya

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum bu saya Nabila wulan Syahfitri dari X MIPA 5 ingin bertannya maksudnya sifat jaiz Allah itu bebas seperti apa ya bu??.. Bisa dijelaskan dengan rinci?

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum bu saya Nabila wulan Syahfitri dari X MIPA 5 ingin bertannya maksudnya sifat jaiz Allah itu bebas seperti apa ya bu??.. Bisa dijelaskan dengan rinci?

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh , saya Salma Novia Ramadhani dari kls X MIPA 4 ingin memberikan tanggapan mengenai materinya :
    •Manusia memiliki banyak rancangan dalam kehi­dupannya. Kalau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, manusia yang tidak memiliki rancangan hidupnya akan biasa-biasa saja. Karena Tuhan memiliki ranca­ngan bagi setiap kita. Kita boleh merancang banyak hal, dan menyerahkannya pada Tuhan. Terwujud tidak­nya sebuah rancangan tergantung pada kita, apakah kita mau bekerja keras, berharap pada Tuhan dan selalu sabar menunggu jawaban Tuhan.

    •Kita harus mencerminkan perilaku Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari seperti :
    1. Bersikap lemah lembut, sopan dan santun pada orang lain. Prilaku ini sesuai dengan asmaul husna Allah yakni Al-Latif yang artinya adalah Maha Lembut dan Al-Halim yang artinya adalah Maha Penyantun.
    2. Bermurah hati dan tidak segan memberi bantuan pada sesama apabila mampu. Ini sesuai dengan sifat Allah SWT dalam asmaul husna yakni Al-Barr yang artinya adalah Maha Baik atau Maha Penderma.
    3. Mengasihi semua mahluk di bumi termasuk binatang juga tumbuhan. Ini sesuai dengan asmaul husna Ar-Rahman yang artinya adalah Maha Pengasih.
    4. Memaafkan kesalahanu yang dilakukan orang lain kepada kita. Ini adalah prilaku yang mencerminkan Asmaul Husna Al-‘Afu yang artinya adalah Maha Pemaaf.
    5. Bersabar apabila mendapat cobaan dan ujian dari Allah SWT. Ini sesuai dengan Asmaul Husna As-Sabur yang artinya adalah Maha Sabar.
    6. Menjadi orang yang dermawan Sifat dermawan adalah sifat Allah Swt. al-Karim (Maha Pemurah), sehingga sebagai wujud keimanan tersebut, kita harus menjadi orang yang pandai membagi kebahagiaan kepada orang lain baik dalam bentuk harta atau bukan.
    7. Menjadi orang yang jujur dan dapat memberikan rasa aman Wujud dari meneladani sifat Allah Swt al-Mu’min
    8. Senantiasa bertawakkal kepada Allah Swt. Wujud dari meneladani sifat Allah Swt.
    9. Menjadi pribadi yang kuat dan teguh pendirian Perwujudan meneladani dari sifat Allah Swt. al-Matin
    10. Berkarakter pemimpin Pewujudan meneladani sifat Allah Swt. al-Jāmi’
    11. Menjadi orang yang bertakwa Meneladani sifat Allah Swt. al-Ākhir
    12. Berlaku adil Perwujudan meneladani sifat Allah Swt. al-‘Adl

    •Kita harus meneladani dan mencerminkan sikap wajib Allah SWT. seperti :
    1. Saling tolong menolong antar umat
    2. Rajin beribadah kepada Allah
    3. Selalu membantu apabila kesusahan
    4. Rajin membaca Al-Qur'an dan memahaminya
    5. Selalu meneladani sifat-sifat yang baik contoh saling menasehati apabila ada teman yang nakal

    Sekian tanggapan dari saya, bila ada kesalahan kata mohon maaf bu, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ( NAMA : SALMA NOVIA RAMADHANI
    KELAS : X MIPA 4
    ABSEN : 27 )

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh , saya Salma Novia Ramadhani dari kls X MIPA 4 ingin memberikan tanggapan mengenai materinya :
    •Kita harus mencerminkan perilaku Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari seperti :
    1. Bersikap lemah lembut, sopan dan santun pada orang lain. Prilaku ini sesuai dengan asmaul husna Allah yakni Al-Latif yang artinya adalah Maha Lembut dan Al-Halim yang artinya adalah Maha Penyantun.
    2. Bermurah hati dan tidak segan memberi bantuan pada sesama apabila mampu. Ini sesuai dengan sifat Allah SWT dalam asmaul husna yakni Al-Barr yang artinya adalah Maha Baik atau Maha Penderma.
    3. Mengasihi semua mahluk di bumi termasuk binatang juga tumbuhan. Ini sesuai dengan asmaul husna Ar-Rahman yang artinya adalah Maha Pengasih.
    4. Memaafkan kesalahanu yang dilakukan orang lain kepada kita. Ini adalah prilaku yang mencerminkan Asmaul Husna Al-‘Afu yang artinya adalah Maha Pemaaf.
    5. Bersabar apabila mendapat cobaan dan ujian dari Allah SWT. Ini sesuai dengan Asmaul Husna As-Sabur yang artinya adalah Maha Sabar.
    6. Menjadi orang yang dermawan Sifat dermawan adalah sifat Allah Swt. al-Karim (Maha Pemurah), sehingga sebagai wujud keimanan tersebut, kita harus menjadi orang yang pandai membagi kebahagiaan kepada orang lain baik dalam bentuk harta atau bukan.
    7. Menjadi orang yang jujur dan dapat memberikan rasa aman Wujud dari meneladani sifat Allah Swt al-Mu’min
    8. Senantiasa bertawakkal kepada Allah Swt. Wujud dari meneladani sifat Allah Swt.
    9. Menjadi pribadi yang kuat dan teguh pendirian Perwujudan meneladani dari sifat Allah Swt. al-Matin
    10. Berkarakter pemimpin Pewujudan meneladani sifat Allah Swt. al-Jāmi’
    11. Menjadi orang yang bertakwa Meneladani sifat Allah Swt. al-Ākhir
    12. Berlaku adil Perwujudan meneladani sifat Allah Swt. al-‘Adl
    •Kita harus meneladani dan mencerminkan sikap wajib Allah SWT. seperti :
    1. Saling tolong menolong antar umat
    2. Rajin beribadah kepada Allah
    3. Selalu membantu apabila kesusahan
    4. Rajin membaca Al-Qur'an dan memahaminya
    5. Selalu meneladani sifat-sifat yang baik contoh saling menasehati apabila ada teman yang nakal.
    •Pertanyaan :
    1. Kaidah bermanfaat tentang nama Allah dan sifat Allah, Apakah di antara nama Allah adalah An-Nasikh?
    2. Apakah Allah boleh di sifati dengan sifat Makar, Khianat, dan Menipu?
    3. Apa hukum memberi sifat Al-Qur'an sebagai Kalamullah Yang Wadim?

    Sekian dari saya, jika ada kesalahan atau salah kata mohon maaf
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ( NAMA : SALMA NOVIA RAMADHANI
    KELAS : X MIPA 4
    ABSEN : 27 )

    ReplyDelete
  51. Assalamu'alaikum Bu May, Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat, mudah dipahami,memotivasi saya untuk selalu berbuat kebaikan dan meningkatkan keimanan kepada Allah.
    Semangat terus menulisnya Bu))

    ReplyDelete
  52. Assalamu'alaikum Bu May, Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat, mudah dipahami, memotivasi saya untuk selalu berbuat kebaikan dan membuat saya semakin semangat untuk mempelajari dan menghafal asmaul husna.
    Semangat terus menulisnya bu)
    Nama : Nabila Berliana Putri
    Kelas : X MIPA 4

    ReplyDelete
  53. Assalamu'alaikum, Bu May..
    Selamat Pagi, Bagaimana Kabarnya, Bu May? Semoga sehat selalu dan semoga kita semua dapat cepat bertemu dengan, Bu May🥰.
    Masyaallah, Bu May.. Sungguh tulisan yang membuat saya sangat paham tentang Beriman Kepada Allah melalu Asmaul Husna..
    Alhamdulillah Ela jadi paham tentang Hikmahnya yang salah satunya adalah dapat menjadikan kita Qanaah...
    Bu May, saya ingin bertanya, dengan beriman kepada Allah melalui Asmaul Husna, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT, Nah, apa yang menandakan bahwa kita lebih dekat dengan-Nya?
    Ada lagi, Bu May, hehehe.. Apakah ada keutamaan membaca Asmaul Husna sebelum membaca Al-Quran?
    Bu May.. Saya ada sedikit saran hehe, apakah bisa ketika akan memulai pembelajaran/kegiatan, lebih baiknya disamping kita berdoa dan membaca basmalah, kita juga membaca Asmaul Husna? Terimakasih, hehe...
    Oiya, Bu..
    Teruslah semangat dan berkarya, Bu May. Insyaallah karya, Bu May dapat selalu memotivasi kami semua dan membuat kami semangat belajar dan berkarya.
    Teruslah menjaadi insan yang kami selalu contoh, Bu May..
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    -Zhafira Sany Lailla H. X MIPA 4-

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum wr.wb
    Izin memberi tanggapan, menurut pendapat saya setelah membaca materi ini, saya menjadi lebih paham akan sifat sifat yang dimiliki Allah,dan sifat Allah dalam Asmaul Husna. Semoga dengan ini bisa menjadikan saya lebih meningkatkan iman lagi karena ternyata banyak hikmah dari beriman kepada Allah

    Nama : Wuryanti Linda sari
    Kelas : X MIPA 5
    Absen : 35

    ReplyDelete
  55. Assalamu'alaikum bu, saya mau bertanya sifat maknawiyah apakah sama dengan sifat Allah yang lainya ?

    Nama : Dhafi Reeva Abista Endrianto
    Absen : 06
    Kelas : X MIPA 4

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum wr.wb bu, saya izin memberi tanggapan. kita sebagai kaum muslim baik mencontoh sifat sifat wajib Allah swt dan menghindari sifat sifat mustahilnya seperti berikut sifat sifat wajib Allah swt yg harus kita contoh:
    1)Sidiq (jujur)
    Dalam situasi apapun, sifat kejujuran harus dimiliki. Tanda anak hebat adalah jujur.
    2) Amanah (dapat dipercaya)
    Ketika kita berjanji kepada teman, orangtua, saudara, bahkan kepada musuh sekalipun kita harus tetap menepati janji. Jika kita mengingkarinya berarti tidak dapat dipercaya.
    3) Tabligh
    Kewajiban mencontoh dan menerapkan salah satu sikap Rasulullah yaitu menyampaikan amanah yang ia dapat kepada orang yang berhak menerima dan tidak satupun tidak sampai kepada alamatnya.
    4)Fathonah
    Tugas orangtua sebagai pendidik harus mengondisikan agar anak rajin belajar, menjadi anak cerdas dan pandai. Termasuk di dalamnya mendampingi dan memfasilitasi berbagai kebutuhan penunjang belajar.


    Mungkin sekian dari tanggapan saya bila ada kesalahan kata mohon maaf wassalamu'alaikum wr wb :)


    Nama:Ira Syifa Salsabila
    Absen:18
    Kelas: X MIPA 5

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum bu mei

    Alhamdulillah dari sini saya diingatkan lagi dari hikmah beriman kepada Allah Swt. Hikmahnya antara lain tawadu, istiqomah, qanaah, tidak cepat putus asa, mampu menerima, serta bersyukur, karena masih diberi nyawa untuk memperbaiki sifat dan akhlak sampai sekarang, juga masih diberi kesempatan untuk raih cita cita meski dalam keadaan sulit.


    Nama:Indira Rachma Hadinata
    No: 17
    Kelas: X MIPA 5

    ReplyDelete
  58. assalamualaikum bu, saya senang membaca artikel ini karena mengingatkan saya pada Allah swt. sang pencipta alam semesta dan seisinya. Saya dapat memahami sifat-sifat Allah swt dengan mudah dan jelas. Serta hikmah yang dapat saya ambil adalah tawaddu', qanaah, istiqomah, tidak mudah putus asa, serta lebih banyak bersyukur dan bersabar. Sekian pendapat dari saya bu, wassalamualaikum wr. wb.

    Nama : Gisa Soraya Atsila
    Absen : 14
    Kelas : X MIPA 5

    ReplyDelete

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D