Saturday, June 25, 2016

Consistency Make you Big

Konsisten

Last night, I have time to read. So, I read a book that motivated me. I love this kind of book because I think that we must motivate ourselves so we don’t get down easily. Many people are doing psychotherapy for their faith, their spirit but in Islam, we have ways. One of that is try to read an Islamic book and see the prophet life as our model. 

Pada saat di Jogja dulu, sering sekali saya membeli buku baik itu dari jenis novel, buku islam, dan buku-buku kesukaan saya. Ya walaupun tidak seberapa banyak, namun saya kira kalau sedari dini kita sudah dibiasakan beli buku in syaa Allah kita juga terbiasa membaca buku. Untuk membangun kebiasaan membaca buku ya salah satunya dengan membeli buku. Islam sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk menggali ilmu sedalam-dalamnya sampai umur terpisah dari raga. Maka dari itu, saya berkeinginan untuk terus berusaha meningkatkan pengetahuan saya tentang Islam dan ilmu dunia yang lain. Tanpa ilmulah, manusia akan menjadi hamba yang buta. Itulah mengapa saya menulis blog, agar ilmu yang saya miliki tidak hilang. 
.
Salah satu buku yang saya miliki adalah bukunya M. Kahfie Julianto yang berjudul “Dekati Dia (Siap-Siap Dikejar Rejeki, Jodoh, dan Surga)”. Dulu saya beli buku ini tepat tanggal 03 Oktober 2014. Sudah 2 tahun dihitung sampai 2016. Lama, tapi belum sempat saya selesaikan. Nah, tadi malam baru saya bisa selesaikan. Maka dari itu, saya ingin membagi beberapa isi buku itu dengan para pembaca sekalian. 
.
Hal yang menarik dari buku itu adalah bukunya memiliki warna yang terang, kuning dan ungu. Dan pembawaannya yang menarik. BELILAH.. bukan promosi tapi yaa…
Isinya seputar tentang menjadi Muslim yang Extraordinary. Tahukan artinya. Nah.. Bagaimana sih menjadi Muslim yang Extraordinary? Salah satu yang dipaparkan dalam buku itu adalah tentang habits atau kebiasaan. Habits apa saja yang bisa menjadikan kita Muslim yang Extraordinary. So, Check this out!
.
Ada tiga (3) Langkah menjadikan habits sebagai cara menjadi Muslim yang Extraordinary, yaitu sebagai berikut:
.
1.       Mulailah dari yang terkecil dan termudah.
Kenapa kita harus memilih hal itu? Karena menetapkan target hidup yang tinggi akan menghasilkan kebosanan dan yang sering terjadi adalah berhenti di tengah jalan.
Misalnya tujuan kita adalah MEMBACA AL-QUR’AN. Mulailah dari membentuk kebiasaan membaca 10 menit setiap hari. Bila tujuannya ingin menjadi penghafal Al-Qur’an tetapkan target menghafal satu ayat sehari setelah subuh dan Talaqqi setelah Isya ke Orang tua.
Istiqomah atau kebiasaan (habits) akan otomatis terjadi karena kita terus mengulang sesuai waktu yang kita tetapkan apabila telah berjalan rutin akan otomatis menaikkan targetnya.
.
2.       Tetapkan Habits yang mendukung Habits Baru.
Lakukan Practice and Repetition dalam membentuk Habits, maka yang terbaik adalah tetapkan Habits yang telah kita lakukan sehari-hari untuk mendukung habits baru yang akan kita ciptakan.
Misalnya: setelah subuh akan menghafal satu ayat Al-Qur’an dan setelah Isya akan Talaqqi (setoran hafalan) ke orangtua. Bisa juga seminggu sekali setelah pulang sekolah akan memberikan sedekah makanan untuk penjaga sekolah. Sehingga ini telah menjadi kebiasaan. Pembaca tinggal menetapkan habits yang sudah dijalani untuk mendukung habits baru agar berhasil.
.
3.       Always Practice!
Selalu diawal kita lupa akan program-program penunjang membentuk habits. Maka yang terbaik adalah tempelkan dan tuliskan di manapun media yang sering kita berinteraksi dengannya. Bisa ditempel di kamar atau dekat meja belajar. Sehingga terus terlihat. Buat alarm pada gadget untuk pengingat. Intinya buat catatan Extraordinary kita dimanapun media yang kita punya dan mudah terlihat dan teringat.

Jangan lupa always practice dan lakukan setiap hari.
Ingat! Practice makes Perfect!

Nah itu, salah satu isi dari buku yang saya baca. Sedikit, namun bermanfaat. Mari kita praktikan sama-sama agar kita bisa menjadi hamba yang beruntung. Hamba yang beruntung adalah hamba yang istiqamah dalam aktivitasnya. Allah suka akan hamba yang melakukan kebiasaan kecil namun terus menerus. Ingat to?


Daftar Pustaka:
Julianto, M. Kahfie. 2014. Dekati Dia: Siap-Siap dikejar Rezeki, Jodoh, dan Surga. Jakarta: Loveable.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D