Thursday, December 1, 2016

Kuliah Singkat: Jangan IRI!


Masih iri? 
Itulah penyakit hati.. 
Dalam Islam, Iri biasanya terkait dengan sifat Su'u (sifat tercela). Kemudian apa itu iri?

Ada banyak pengertian tentang iri, 
Dalam KBBI iri hati/iri ha·ti/ adalah merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain;
Kemudian dalam pengertian lain, Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.

Tidak ada manusia yang sempurna, dan pasti setiap orang pernah merasa iri. Mari kita meminta ampun dan beristighfar. Karena iri hati dilarang oleh Allah (kecuali beberapa perbuatan yang di jelaskan di atas)

Seperti dalam firman Allah swt. 

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. An-Nisaa’ : 32)

Ayat di atas, secara jelas Allah melarang kita untuk bersikap iri hati terhadap kebahagiaan orang lain. Allah sudah menjamin rejeki masing-masing orang dan tidak akan pernah tertukar. Kita yakini saja, akan hal yang sudah ditetapkan. 


Maka dari itu, mari sama-sama kita hindari sikap iri hati, karena itu hanya merugikan diri kita sendiri.😐😀

-----------
by. admin 

2 comments:

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D