Thursday, January 19, 2017

Kenapa Selalu Telat?

sumber gambar     

Bagi para pelajar, pekerja kantoran, atau pegawai biasanya mempunyai jam kerja yang jelas. Dari mulai pagi sekitar jam 07.00 sampai menjelang sore hari. Hampir separuhnya mereka habiskan waktu di tempat kerja atau sekolah. Nah, dari masing-masing profesi dituntut untuk bangun pagi apalagi yang juga melaksanakan shalat subuh atau tahajud. Maka, untuk jam bangunnya juga lebih pagi.
Namun, ada satu kendala yang terkadang merusak rencana harian kita. Hal itu adalah bangun telat. Kenapa kita selalu bangun telat? (Bagi yang merasa)
Mungkin ada berbagai faktor yang mempengaruhi itu. Yuk kita bahas bersama!

Beberapa faktor terkadang merusak hari pagi kita, dan akhirnya agenda harian kita akan rusak dan mood atau suasana hati menjadi buruk. Akhirnya, banyak korban berjatuhan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kita bisa bangun telat, adalah sebagai berikut:

1. Tidur terlalu malam, hal ini jelas bisa mempengaruhi jam bangun kita. Ada acara bola, nonton. Ada acara dangdutan, nonton. Ada acara wayangan, nonton. 
Rasulullah saw, mencontohkan kepada umatnya untuk selalu tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Tidur lebih awal, pada waktu setelah isya atau kalau terpaksa maksimal jam 22.00. Sehingga waktu yang berlalu tidak terbuang percuma, dengan hanya nonton atau kegiatan yang lain. Yuk tidur lebih awal!

2. Terlalu kenyang, hal ini juga bisa mempengaruhi. Jika makan malam kita terlalu banyak, akhirnya akan membuat kita terlalu kenyang. Dalam Islam, hal ini kurang baik dilakukan. 
Ketika kita terlalu kenyang, maka saat bangun pun akan malas. 
Oleh karena itu, lebih baik jangan makan banyak dan makan berat ketika malam hari. 
Hindari!

3. Tidak berdoa, ada doa ketika setiap melakukan kegiatan. Setiap mau tidur juga ada doa yang menyertainya. Saya yakin kalian tahu doanya. Agar pagi kita lebih cerah dan bisa bangun lebih awal. Bisa dengan berdoa dan memiliki niat yang kuat untuk bangun lebih pagi.

Masih banyak faktor yang lain, saya akan bahas di lain kesempatan.. 

Terima kasih..

0 comments:

Post a Comment

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D