Wednesday, August 30, 2017

I Proud to Be Muslim

            Salah satu kebiasaan yang penting untuk dilakukan adalah mendengarkan ceramah-ceramah dari berbagai  sumber. Salah satu rekomendasi tokoh Islam yang materinya bagus dan sederhana adalah Ustadzah Aminah Assilmi. Namun, beliau sudah meninggal terlebih dahulu mendahului kita, kira-kira pada tahun 2010 akibat kecelakaan. Kita doakan semoga beliau khusnul khotimah dan ilmu yang beliau sampaikan bisa menjadi amal jariyah beliau di akhirat. Aamiin.

            Aminah Assilmi adalah seorang muallaf yang kemudian sering berbagi ilmu kepada masyarakat di sana, Amerika Serikat. Salah satu perkataan beliau yang sangat menyentuh hati adalah ketika beliau menyampaikan betapa pentingnya seorang muslimah menutup aurat dan memakai pakaian muslimah. Beliau berkata bahwa, “I Proud to be Muslim! I know the power of Allah! The Power of Islam!”
yang kemudian beliau menjelaskan bahwa sebagai pembuktian bahwa kita cinta Islam, bangga menjadi muslim adalah dengan menutup aurat. Hal itu menjadi semangat saya untuk terus berusaha memperdalam agama Islam dan memperdalam untuk mencintai Islam.


            Dalam Islam, kita ketahui ada beberapa konsep pokok yang di ajarkan. Pokok-pokok tersebut adalah; Konsep Tuhan, Konsep kenabian, Konsep agama, konsep wahyu, konsep manusia, konsep alam, dan konsep ilmu. Sangat lengkap konsep yang di sampaikan. Maka dari itu, Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah swt. hal tersebut terdapat dalam Q.S. Al-Maidah ayat 3.


3. diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah[394], daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya[395], dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah[396], (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini[397] orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa[398] karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[394] Ialah: darah yang keluar dari tubuh, sebagaimana tersebut dalam surat Al An-aam ayat 145.
[395] Maksudnya Ialah: binatang yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk dan yang diterkam binatang buas adalah halal kalau sempat disembelih sebelum mati.
[396] Al Azlaam artinya: anak panah yang belum pakai bulu. orang Arab Jahiliyah menggunakan anak panah yang belum pakai bulu untuk menentukan Apakah mereka akan melakukan suatu perbuatan atau tidak. Caranya Ialah: mereka ambil tiga buah anak panah yang belum pakai bulu. setelah ditulis masing-masing Yaitu dengan: lakukanlah, jangan lakukan, sedang yang ketiga tidak ditulis apa-apa, diletakkan dalam sebuah tempat dan disimpan dalam Ka'bah. bila mereka hendak melakukan sesuatu Maka mereka meminta supaya juru kunci ka'bah mengambil sebuah anak panah itu. Terserahlah nanti Apakah mereka akan melakukan atau tidak melakukan sesuatu, sesuai dengan tulisan anak panah yang diambil itu. kalau yang terambil anak panah yang tidak ada tulisannya, Maka undian diulang sekali lagi.
[397] Yang dimaksud dengan hari Ialah: masa, Yaitu: masa haji wada', haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad s.a.w.
[398] Maksudnya: dibolehkan memakan makanan yang diharamkan oleh ayat ini jika terpaksa.

Sebelum kedatangan Islam, ada beberapa agama-agama yang dibawa oleh para nabi sebelum nabi Muhammad saw. namun, saat ini sudah sulit dipastikan keotentikannya, karena sudah menjalani tahrif (perubahan) dari para pemeluknya.

Jelas hal tersebut tercantum dalam firman Allah swt  :

Q.S. Al Baqarah ayat 59:


59. lalu orang-orang yang zalim mengganti perintah dengan (mengerjakan) yang tidak diperintahkan kepada mereka. sebab itu Kami timpakan atas orang-orang yang zalim itu dari langit, karena mereka berbuat fasik.

Q.S. Al Baqarah ayat 75:
* 
75. Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, Padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui?[65].

[65] Yang dimaksud ialah nenek-moyang mereka yang menyimpan Taurat, lalu Taurat itu dirobah-robah mereka; di antaranya sifat-sifat Nabi Muhammad s.a.w. yang tersebut dalam Taurat itu.

Q.S. Al Baqarah ayat 79

79. Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh Keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.

            Jadi, seperti yang kita ketahui bahwa hanya Islamlah agama yang di ridhoi oleh Allah swt. Tuhan semesta alam. Tidak ada alasan lagi untuk kita berpaling dari Islam, dan mari kita tanamkan kembali rasa cinta dan bangga terhadap Islam dengan melaksanakan perintah Allah Yang Maha Pencipta alam semesta dan seluruh isinya.

Wallahu a’lam

0 comments:

Post a Comment

Silakan, setelah download / baca artikel saya .. mohon tinggalkan komentar.. :)
terima kasih kedatangannya.. selamat datang kembali :D